Dinamika Kelompok


Permainan Dinamika Kelompok

Untuk membentuk dinamika kelompok, ada berbagai permainan yang bisa dimainkan diantaranya :
1. Makna Gambar :
Tujuan : Peserta memahami pengertian, manfaat dan faktor-faktor pembentuk kerjasama kelompok
Media : Spidol, kertas plano, gambar, papa n tulis.
Proses :
a. bagi peserta menjadi 3 kelompok
b. kelompok pertama diminta menggambar sapi lengkap dengan sebelumnya mengadakan diskusi.
Anggota Kelompok kedua dan ketiga diminta mengggambar bagian-bagian tubuh dari sapi secara bergantian, tanpa melakukan diskusi sebelumnya.
c. Tempelkan ketiga gambar di papan tulis.
d. Minta peserta untuk curah pendapat
e. Minta persamaan mengemukakan pendapat tentang manfaat dan syarat-syarat kerjasama.
f. rangkum pendapat peserta dan simpulkan.

2. Menggambar Rumah


1. Minta peserta berpasangan
2. Peganglah spidol bersama-sama sedemikian rupa sehingga keduanya dapat menulis dan menggambar.
3. Diatas kertas atau di papan tulis, perintahkan keduanya untuk menggambar rumah bersama-dan menulis judulnya.
4. Selama menggambar keduanya tidak boleh berbicara.
5. Setelah selesai, minta keduanya untuk curah pendapat tentang manfaat kerjasama tim, dan minta pendapat kelas.

3.  Bermain Tali

Tujuan : Menghadapi dan menyelesaikan masalah bersama.

  1. Potong tali rapia sepanjang 1,5 m dan bagikan pada peserta
  2. Mintalah mereka berpasang-pasangan. ujung masing-masing tali yang satu diikat ke tangan sebelah kiri. Sebelum mengikat tali yang satu ke tangan kanan, silangkan tali tersebut ke tali pasangannya, kemudian ikatlah ke tangan kanan masing-masing.
  3. Minta mereka untuk melepaskan diri dari ikatan tersebut tanpa melepaskan ikatan
  4. jika ada pasangan yang telah berhasil bebas, minta mereka menunjukkan bagaimana cara mereka melepaskan diri kepada peserta lain.
  5. Tanyakan kepada mereka apa hikmah dari permainan tersebut.

Permainan Tali Jaring-jaring

Tujuan :

  • Memahami makna kerjasama dan salin keterkaitan anggota tim
  • memahami perannya masing-masing dalam tim

Waktu  : 30 menit

Peralatan : 1 gelendong tali rafia utuh

Proses :

  1. Minta seluruh peserta berdiri membentuk lingkaran
  2. mulailah anda sebagai pemegang rafia, lempar gulungan rafia ke seseorang dan jangan melepas talinya sehingga anda masih berhubungan dengan  si penerima
  3. penerima harus melempar gulungan tali ke orang lain sambil memegang ujung talinya, demikian seterusnya sampai setiap orang emmegang tali bagiannya.
  4. setelah semua memegang tali yang berjaringan tersebut, minta satu atau 2 orang menggerakkan pegangannya.
  5. tanya reaksi peserta , analisa dan simpulkan :
  • bila dalam satu kelompok kegiatan, ada keterkaitan satu dengan yang lainnya.
  • unsur kerjasama dan pengertian antar kelompok dibutuhkan agar kuat.
About these ads

Tentang heny prihastiwi

seorang pendidik yang berusaha terus belajar.
Tulisan ini dipublikasikan di Metode Pembelajaran, Uncategorized dan tag , , , , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s