DIET RENDAH KOLESTEROL

Hiperkolesterolemi : Peninggian kadar kolestorol dalam darah, yang menjadi salah satu faktor resiko paling utama dari penyakit jantung koroner selain merokok dan darah tinggi.

Kolesterol, lemak dan asam lemak lain dapat menyebabkan penebalan dinding pembuluh arteri, sehingga lubang dari pembuluh darah menyempit (aterosklaresis) Penyempitan ini akan menyebabkan aliran darah jadi lambat, atau bahkan tersumbat, sehingga aliran darah pada pembuluh darah loroner yang berfungsi memberikan oksigen ke jantung akan berkurang, dan menyebabkan lemah, sakit dada dan serangan jantung dan bahkan kematian.

Selain kolesterol tinggi, faktor PJK lain adalah merokok, tekanan darah tinggi, adanya riwayat penyakit PJK pada keluarga dibawah 55 thn, penyakit gula, penyakit pembuluh darah, kegemukan dan laki-laki.

Penyebab tingginya kadar Kolesterol

1.    Makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi menjadi penyebab utama hiperkolesterolemi, diantaranya:

  • daging berlemak
  • susu
  • es krim
  • telor
  • gorengan
  • kue kering
  • cake

2.   Keturunan

3.   kegemukan

4.   stress

5.   alkohol

6.   kurang olahraga /aktifitas

Pemeriksaan kadar kolesterol

  1. Kolesterol total : normal <200 mg/dl, pertengahan 200-239; tinggi>240
  2. LDL kolesterol (Kolesterol jahat): normal :<130, tengah 130-159: tinggi>160 mg/dl
  3. HDL kolesterol (kolesterol baik : normal<45, rendah 35-45: tinggi<35. Makin rendah HDL, makin tinggi kemungkinan resiko PJK
  4. Rasio kolesterol total : HDL kolesterol : sebaiknya pada laki-laki ,4,6 dan pada perempuan <4,0.
  5. Kadar trigliserid. Trigliserid merupakan lemak dalam tubuh, yang terdiri dari lemak jenuh, lemak tidak jenuh tunggal, dan lemak tidak jenuh ganda.    Normal<150 mg/dl; agak tinggi 150-249; tinggi 250-500; sangat tinggi>500 mg/dll

Diet menurunkan Kadar Kolesterol

Bila kadar kolesterol tinggi, biasanya dianjurkan diet dulu selama 6 bulan, baru diberikan obat penurun kolesterol. Beberapa aturan dasar diet  rendah kolesterol adalah :

  1. Pengaturan diet dasar
  • Diet makanan rendah lemak  seperti : lemak dari hewan, daging, keju, susu murbni, es krim, minyak kacang, minyak cokelat, minyak kelapa sawit, kue kering, cake, crackers, krem kopi, kentang goreng, cokelat, pop corn.
  • mengganti makanan yang mengandung lemak jenuh dengan lemak tak jenuh contoh  : jagung, kacang kedele, minyak biji kapas, minyak wijen, minyak biji bunga matahari,  minyak ikan tawar, minyak  zaitun dan minyak lobak.
  • makanan harus rendah kolesterol . Makanan tinggi kolesterol dapat ditemukan pada : kuning telor, hati, ginjal, otak, susu, daging. Makanan yang sama sekali tidak mengandung kolesterol adalah buah, sayur, gandum, beras, dan kacang-kacangan.
  • Memilih makanan yang tinggi karbohidrat dan banyak tepung serta serat. Serat yang dapat menurunkan kolesterol adalah havermut, apel, jeruk.
  • Kurangi berat badan

(disarikan dari makalah Bagian Gizi Fakultas Kedokteran USU)

Tentang heny prihastiwi

seorang pendidik yang berusaha terus belajar.
Pos ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s