Tips mencari Visa ke Amerika Serikat


Mencari visa ke Amerika Serikat merupakan proses yang gampang-gampang sulit. Gampang karena prosedurnya sudah jelas dan bisa ditempuh melalui online, Sulit, karena terkait dengan isu keamanan dan  terorisme, sehingga seleksinya cukup ketat, bahkan untuk masuk ke gedung Kedubesnya pun  cukup sulit.

Berikut ini beberapa tips dan trik agar urusan mencari visa ke Amerika nSerikat lebih lancar :

  1. Buatlah paspor dahulu  (bagi yang sudah punya) dan perpanjang paspor (bagi pelamar yang paspornya sudah mendekati batas akhir)
  2. Daftarkan diri anda jauh -jauh hari sebelumnya, karena jadwal appointment untuk wawancara biasanya sudah penuh untuk 1/2 sampai 1 bulan berjalan.  Proses visa sendiri juga membutuhkan waktu. Sehingga akan jauh lebih baik bila anda sudah memulai proses minimal 3 bulan sebelum keberangkatan.
  3. Carilah informasi dan daftarkan diri anda melalui website kedubes Amerika Serikat, kecuali anda adalah peserta sebuah program yang disponsori Pemerintah Amerika, yang seringkali mensyaratkan koordinasi khusus dengan staf kedubes. (Bila anda peserta program ini, pastikan dengan penyelenggara program)
  4. Isi formulir melalui website kedubes. Termasuk untuk peserta program yang disponsori AS, harus mengisiformulir ini via online.
  5. Buatlah foto untuk visa persis seperti yang disyaratkan di website, karena di kedubes atau konsular, biasanya foto akan dicocokkan dengan cetakan ukuran yang benar, dan pelamar seringkali disuruh untuk foto lagi bila belum memenuhi syarat. Buat beberapa versi jika perlu (ulangi lagi bila belum yakin). Pengalaman penulis, kita harus  mengukursendiri hasil fotonya, jangan mempercayakan pada tukang foto.
  6. Siapkan semua dokumen yang diperlukan  dan mendukung semisal : buku nikah, KTP, akta kelahiran, surat rekomendasi/keterangan dari atasan, surat undangan dari penyelengara program, buku tabungan dll.
  7. Pada hari H- datanglah   pagi-pagi, (kecuali sudah membuat janjian dengan staf kedubes). Karena antriannya sangat panjang, dan ada pemeriksaan keamanan yang berlapis-lapis, yang masing-masing ada antriannya sendiri,
  8. Berpakaian yang rapi.
  9. Yang ini cukup subyektif: bagi yang namanya berbau islam atau hanya nama tunggal , akan lebih baik jika pada pasporanda  nama ayah disertakan, agar pada proses klarifikasi data, bisa dibedakan dari nama lain yang sama dari daerah atau negara lain.
  10. Berdoa.

Semoga sukses!

Tentang heny prihastiwi

seorang pendidik yang berusaha terus belajar.
Pos ini dipublikasikan di Exchange Program, Tips and Triks dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s