Sejarah Sepak bola


Sepakbola sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Di Cina olahraga ini dulu dikenal dengan nama tsu chu yang memakai bola kulit. Di Yunani kuno dikenal dengan nama epyskiros dan di Romawi Kuno dinamai dengan harpastum. Diduga orang Romawi membawa Harpastum ke Inggris lalu berkembang seperti sekarang.

Pada tanggal 21 Mei 1904 Federasi Sepak bola Sedunia (FIFA=Federatione Internationale de Football Association) didirikan di Paris, dengan pelopor Perancis, Denmark, Belanda, Spanyol, Swedia dan Swiss. FIFA mengadakan berbagai kejuaraan sepakbola internasional seperti Piala Dunia, Piala Eropa, Piala Amerika dan Piala Toyota.

Induk organisasi sepakbola di Indonesia adalah PSSI yang didirikan pada tanggal 19 April 1930. Pertama kali, organisasi ini bernama Persatuan Sepakraga Seluruh Indonesia. Organisasi ini ditentang Pemerintahan Hindia Belanda karena memakai nama Indonesia. Pada`masa Jepang nama PSSI lenyap dan dilebur menjadi Tai Iku Kai, yang lebih menekankan olahraga yang berbau militer. Setelah kemerdekaan, nama PSSI tidak terdengar dan menjadi bagian dari PORI (Persatuan Olahraga Republik Indonesia). Baru pada tahun 1949, bagian olahraga diberi wewenang oleh PORI untuk berdikari menjadi PSSI. Pada`tahun 1951 PSSI menjadi anggota FIFA.

Tentang heny prihastiwi

seorang pendidik yang berusaha terus belajar.
Pos ini dipublikasikan di Henyklopedia, Olahraga, Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s