Macam-macam Sepakbola


Selain sepakbola tendang (football/Soccer) yang dikenal di sebagian besar wilayah dunia, ternyata ada berbagai jenis sepak bola lain di dunia ini, diantaranya adalah :

  1. American football : Bola yang dipakai adalah bola lonjong. Tiap tim punya 11 pemain yang dipilih dari 45 anggota regu. Tugas atau sasaran setiap tim adalah membawa bola melewati garis gol lawan yang diberi nilai 6. Lapangan sepakbola Amerika berukuran 90 x 48 m, dan diberi garis melintang tiap jarak 4,5 m.
  2. Rugbi : Sepak bola ini juga memakai bola lonjong, dan populer di negara Inggris, Perancis , Australia dan Selandia baru. Pada rugbi, kadang kedua tim berebut bola pada posisi “scrum”. Dalam posisi ini, para pemain kedua tim membungkuk kedepan dan saling merangkul, lalu mereka berusaha untuk mengoper bola dengan kaki kepada para pemain di luar “scrum”. Posisi ini dilakukan untuk memulai permainan sesudah terjadi sebuah pelanggaran. Lapangan Rugbi dilengkapi dengan tiang gawang berbentuk huruf H.
  3. Sepak bola Australia: Sepakbola ini amat populer di kota Melbourne, australia. Lapangannya berbentuk lingkaran. Gol yang ditendang melewati tiang gawang bagian dalam pada sepakbola Australia bernilai paling tinggi.
  4. Sepak bola Gaelik: Sepakbola ini dimainkan oleh bangsa Kelt di Irlandia.

Tentang heny prihastiwi

seorang pendidik yang berusaha terus belajar.
Pos ini dipublikasikan di Henyklopedia, Olahraga dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s