Soekarno


Soekarno lahir di Surabaya tanggal 6 Juni 1901.  Ketika sedang marak-maraknya  gerakan kemerdekaan melawan penjajahan Belanda, dia muncul menjadi salah satu tokoh muga pergerakan Indonesia. Pada  tanggal 4 Juni 1927 beliau mendirikan PNI, dan karena  gerakan-gerakan politiknya, Soekarno kemudian ditangkap Belanda dan dipenjarakan di penjara Sukamiskin pada tangal 29 Desember 1929. Pada  tahun 1931, Soekarno masuk Partai Indonesia (Partindo) dan menjadi ketuanya. Pada tahun 1933 beliau ditangkap lagi dan dibuang ke Pulau Ende.

Soekarno menjadi salah satu tokoh yang merumuskan Pancasila. Istilah Pancasila diperkenalkan beliau pertama kali pada Sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945, atas anjuran dari seorang teman ahli bahasa.

Bersama Bung Hatta, beliau menjadi Proklamator kemerdekaan Indonesia. Soekarno membacakan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia atas nama bangsa Indonesia, pada tanggal 17 Agustus 1945. Atas jasanya tersebut beliau dianugerahi Pahlawan Proklamator pada tahun 1986.

Tanggal 18 Agustus, Soekarno dipilih menjadi Presiden I Indonesia. Pada tanggal 19 Desember 1948 Soekarno dan Hatta ditangkap Belanda dan dibuang ke Parapat dan Bangka. Pada tahun 1949, kedudukannya dipulihkan pada waktu pengakuan kedaulatan kemerdekaan RI oleh Belanda.

Kejatuhannya  bermula ketika terjadi Gerakan G 30 S PKI tanggal 30 September 1966. Beliau menyerahkan kekuasaan kepada Mayjen Soeharto tanggal 11 Maret 1966 untuk mengatasi pemberontakan tersebut. Perkembangan politik berikutnya menyeret pada kejatuhannya denga pencopotan dari jabatan Presiden pada bulan Maret 1967.

Kondisi kesehatannya terus merosot dan belia wafat pada tanggal 21 Juni 1970 di Jakarta dan dimakamkan di Blitar, yang ditandai denga pengibaran bendera setengah tiang selama 7 hari berturut-turut.

Semasa hidupnya, Soekarno merupakan seorang Singa Podium karena pidatonya yang berapi-api dan kemampuannya menyihir para pendengar pidatonya. Beliau juga merupakan seorang pemimpin yang sangat disegani di dunia, terutama di Asia.

Tentang heny prihastiwi

seorang pendidik yang berusaha terus belajar.
Pos ini dipublikasikan di Henyklopedia, PKn. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s