Nobel Perdamaian, sebuah DP yang mahal bagi Obama


Berita tentang menangnya Obama dalam penganugerahan Nobel Perdamaian penulis dengar ketika sedang makan malam dengan Rana Aroosha dari Atase Kebudayaan Kedubes AS di Indonesia bersama dengan beberapa teman state alumni, termasuk diantaranya Bpk. Cornelis Lay Dosen Fisipol UGM.

Terus terang penulis terkejut ketika mendengar berita tersebut. “Nobel Perdamaian?, Obama?”. Sebagai salah satu fans Obama, tidak bisa dipungkiri bahwa penulis  bangga dengan banyak kebijakan yang diambil Obama, termasuk dalam masalah Hubungan Luar negeri dan Keamanan internasional. Beliau memberikan harapan baru bagi perdamaian internasional dan melakukan sejumlah langkah awal menuju kearah tersebut, seperti dengan mulai mendekati Iran dan Korut untuk menjajaki kemungkinan perundingan mengenai nuklir di kedua negara. Namun  menurut penulis hal tersebut masih terlalu prematur untuk  dianugerahi hadiah Nobel Perdamaian.

Dari diskusi singkat yang penulis lakukan dengan beberapa teman pada acara itu, ada semacam kesimpulan singkat, bahwa Nobel Perdamaian tersebut justru menjadi sebuah Down Payment (DP), uang muka bagi Obama agar ia benar-benar mewujudkan janjinya yang sekaligus menjadi  harapan bagi banyak orang di dunia, untuk mewujudkan  sebuah politik luar negeri yang lebih ramah, yang pada gilirannya bisa menciptakan dunia yang lebih baik bagi siapapun. Dengan Nobel Perdamaian di tangan,  Hal tersebut  bukan lagi sekedar menjadi janji dan harapan, tapi  menjadi kewajiban bagi Obama, yang tidak bisa tidak harus Beliau wujudkan.

Sungguh suatu tekanan maha berat bagi Obama!

Tentang heny prihastiwi

seorang pendidik yang berusaha terus belajar.
Pos ini dipublikasikan di Serba-serbi dunia dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s