Narrative Play


Pembelajaran Bahasa Inggris seringkali menjadi momok bagi  para siswa, karena dianggap cukup sulit. Apalagi momok Unas menjadikan pengajaran mata pelajaran ini  lebih difokuskan pada penyiapan materi Unas, terutama pada aspek reading-nya. Hal ini membuat para siswa kurang termotivesi dalam mempelajari esensi dari materi bahasa inggris SMA.

Seperti dalam pengajaran narrative text, yang dalam pelaksanaannya siswa lebih banyak mempelajari dengan mengerjakan soal, padahal sebagai sebuah karya sastra, esensi dari narrative itu sendiri tidak akan tertangkap secara utuh, dengan hanya melalui pengerjaan soal.

Berbagai metode bisa ditempuh dalam mempelajari genre of text untuk  mempelajari empat kemampuan dasar bahasa Inggris yakni reading, listening, speaking dan writing. Salah satu metode yang bisa mengemas keempat kemampuan dasar tersebut secara utuh adalah metode drama. Dan narrative text adalah salah satu genre of text yang paling cocok untuk metode ini, mengingat sifatnya yang imaginatif, fiktif dan mempunyai fungsi sosial untuk menghibur pembaca atau penonton.

Selain dapat mempraktekkan speaking, listening, reading dan writing, dengan melakonkan naskah narrative, siswa menjadi lebih percaya diri dan termotivasi dalam mempelajari bahasa Inggris.

Metode ini tidak harus dilakukan di sekolah yang mempunyai peralatan dan fasilitas lengkap seperti panggung atau kostum. Berdasarkan pengalaman penulis dan rekan penulis, siswa dapat menggunakan bahan dan peralatan apapun yang ada di  rumah dan di sekolah.

Berikut  beberapa gambar penampilan sebagian siswa di sekolah kami. .Ande-ande Lumut

Cinderella

 

Tentang heny prihastiwi

seorang pendidik yang berusaha terus belajar.
Pos ini dipublikasikan di English teaching, Uncategorized dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Narrative Play

  1. aris purwantoro berkata:

    apa bisa di email lesson plan bagaimana langkah2 mengajarakan text genre narrative,news item, recount dll?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s